Assesmen Lapangan (AL) Akreditasi Prodi S2 Fisika

Assesmen Lapangan (AL) Akreditasi Prodi S2 Fisika FMIPA Unri telah berlangsung pada tanggal 18 – 19 Desember 2023 pada pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Tim asesor AL yang hadir adalah Prof. Mitrayana, S.Si., M.Si. (dosen Fisika FMIPA UGM) dan Prof. Dr. Eng Budi Purnama, S.Si, M.Si. (dosen Fisika FMIPA UNS). 

Agenda AL pada hari pertama diawali dengan seremonial pembukaan AL dan dilanjutkan sesi dengan pimpinan UPPS (Unit Pengelola Program Studi) terkait kebijakan makro pengembangan, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian yang dilaporkan, dan rencana pengembangan UPPS serta konfirmasi data LKPS (Laporan Kinerja Program Studi). Sesi selanjutnya adalah dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal untuk mengkonfirmasi pelaksanaan, hasil, dan efektivitas proses SPMI di perguruan tinggi yang meliputi seluruh siklus PPEPP yaitu pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, dan laporan berkala hasil SPMI di Unit Pengelola Program Studi. Kemudian, sesi pemeriksaan dokumen pendukung yang relevan dijalankan. Selanjutnya, sesi dengan Tim Akreditasi PS dilakukan untuk mengkonfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED). Berikutnya adalah sesi dengan (middle) Manajemen di UPPS yang dijalankan untuk mengkonfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridarma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi). Sesi wawancara dengan alumni dan pengguna eksternal diadakan untuk mengkonfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholders external terkait outputs Unit Pengelola Program Studi. Sesi dengan dosen dijalankan untuk mengkonfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosen. Sesi diakhiri dengan wawancara kepada mahasiswa untuk mengkonfirmasi keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa.

Agenda AL pada hari kedua adalah peninjauan lapangan oleh kedua asesor untuk mengecek fasilitas (laboratorium, Layanan Informasi Ilmiah, pengelola sistem informasi), Lecture/Lab work/research sit in, ruang dosen dan tenaga kependidikan,  fasilitas umum, UKM, dan fasilitas pendukung lainnya. Sesi dilanjutkan dengan kerja mandiri asesor untuk menyiapkan draft berita acara dan rekomendasi akredititasi. Kemudian, penyampaian feed back dan penandatangan Berita Acara AL ke Pimpinan Unit Pengelola Program Studi dan Pengecekkan Berita Acara asesmen lapangan. Sesi diakhiri dengan Wrap Up yaitu penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan dan penyampaian rekomendasi hasil akreditasi.

Semoga Prodi S2 Fisika memperoleh hasil akreditasi sesuai yang diharapkan. Amin.

Gambar 1a. Visitasi AL S2 Fisika FMIPA Unri Hari Pertama

Gambar 1b. Visitasi AL S2 Fisika FMIPA Unri Hari Pertama Bersama Rektor Unri

Gambar 1c. Visitasi AL S2 Fisika FMIPA Unri Hari Pertama – Sesi Pengguna dan Alumni

Gambar 2. Visitasi AL S2 Fisika FMIPA Unri Hari Kedua

Leave a Reply